2. Bagaimana cara kerja push mail di blackberry?

Selasa, 05 April 2011
Secara sederhana, push mail merupakan metode mendorong satu email dari server penyedia email ke perangkat BlackBerry. Untuk mempercepat proses penarikan email ini, BlackBerry menyediakan server khusus, baik untuk BlackBerry Internet Service maupun untuk BlackBerry Enterprise Service, yang menunjang seluruh lalu lintas data.

Metode dan teknologi push mail semacam ini jelas lebih unggul dibandingkan cara lama yang mengharuskan pengguna menarik email dari situs web layanan email secara manual (pull mail). Selain tidak efektif, akses pull mail lebih lambat karena dilakukan via browser atau aplikasi mailer.

Sedangkan dengan Push Mail BlackBerry, pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dahulu dan membuka satu per satu surat yang masuk. Pasalnya, pengguna akan terus-menerus online melalui jaringan telepon seluler maupun wireless.

Dengan begitu, pengguna bisa mengirim dan menerima email secara real time atau tanpa jeda waktu, layaknya fitur SMS.

Tarifnya pun lebih ekonomis dibandingkan cara konvensional pull mail. Ini berkat adanya teknologi kompresi data sehingga biaya akses menjadi lebih murah. Sebuah email berukuran satu megabyte (MB) dapat dikompres ukurannya menjadi hanya satu persen dari kapasitas awal—dengan tanpa mengurangi isinya.

Lampiran (attachment) email pun bisa dibuka dengan mudah. Selain itu, Push Email BB juga menawarkan tingkat keamanan tinggi dengan memindai setiap peredaran email.

Dengan kemudahan dan kenyamanan berkomunikasi via email mobile di BlackBerry, para pengguna ponsel seolah menemukan pengganti SMS yang memang memiliki banyak keterbatasan.

Sehingga wajar saja kalau banyak orang kantoran dan kalangan pebisnis berkewajiban memiliki BlackBerry, agar koneksi ke kantor tidak putus meskipun sedang berada tidak berada di meja kerja.

0 komentar:

Posting Komentar